Senin, 30 Juli 2018

1. Pengantar Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Apa itu Kecerdasan Buatan?

Menurut John McCarthy, bapak Artificial Intelligence, Kecerdasan Buatan adalah "Ilmu dan rekayasa membuat mesin cerdas, terutama program komputer cerdas".

Kecerdasan buatan adalah sebuah cabang ilmu komputer yang bertujuan menciptakan komputer atau mesin agar dapat menyerupai manusia atau dapat diartikan juga sebagai sebuah cara membuat komputer, robot yang dikendalikan komputer, atau perangkat lunak berpikir cerdas, dengan cara yang sama seperti yang dipikirkan oleh manusia cerdas.

Kecerdasan Buatan mempelajari bagaimana cara otak manusia berpikir, belajar, memutuskan, dan memecahkan masalah. kemudian hal ini digunakan sebagai dasar pengembangan perangkat lunak dan sistem cerdas.

Beberapa definisi tetang Artificial intelligence (AI, Kecerdasan buatan) menurut para ahli seperti berikut :

  1. Minsky, 1989 : Kecerdasan buatan adalah suatu ilmu yang mempelajari cara membuat komputer melakukan sesuatu seperti yang dilakukan oleh manusia.
  2. H. A. Simon, 1987 : Kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas.
  3. Ensiklopedi Britannica : Kecedasan buatan sebagai cabang ilmu komputer yang merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan symbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau berdasarkan jumlah aturan.
  4. Stuart J. Russell & Peter Norvig, 2003 : Kecerdasan buatan adalah perangkat komputer yang dapat memahami lingkungannya dan dapat mengambil tindakan yang memaksimalkan peluang kesuksesan di lingkungan tersebut untuk beberapa tujuan.


Tujuan Utama Kecerdasan Buatan :

  1. Untuk Membuat Sistem Pakar (Expert System) yaitu sebuah sistem yang dapat menunjukkan perilaku cerdas, belajar, menunjukkan, menjelaskan, dan memberi saran kepada user atau penggunanya.
  2. Melaksanakan Kecerdasan Manusia dalam Mesin yaitu dengan menciptakan sistem yang memahami, berpikir, belajar, dan berperilaku layaknya seperti manusia

Bagian Utama Kecerdasan Buatan :

  1. Basis Pengetahuan (knowledge base), berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan komponen satu dengan yang lainnya
  2. Motor Inferensi (inference engine), Kemampuan menarik kesimpulan berdasar pengalaman. Berkaitan dengan representasi dan duplikasi proses tersebut melalui mesin (misalnya, komputer dan robot).


Beberapa bidang yang menggunakan Kecerdasan Buatan antara lain :

  1. Permainan Komputer (Game) - Kecerdasan buatan digunakan dalam permainan strategis seperti catur (The Deep Blue Chess Program pada tahun 1997), poker, tic-tac-toe, dll, mesin dirancang agar dapat memikirkan posisi-posisi yang mungkin untuk menang berdasarkan pengetahuan heuristik.
  2. Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing) - Kecerdasan buatan digunakan untuk berinteraksi antara manusia dengan komputer dimana komputer dapat mengeti bahasa alami yang diucapkan oleh manusia.
  3. Sistem Pakar (Expert System) - Kecerdasan buatan digunakan untuk memberikan rekomendasi, atau saran serta memberikan penjelasan kepada pengguna aplikasi.
  4. Komputer Vision - kecerdasan buatan yang dirancang untuk menafsirkan, dan memahami input visual di komputer seperti gambar yang di ambil dari pesawat mata-mata kemudian digunakan untuk mengetahui informasi peta daerah musuh, atau perangkat lunak komputer yang digunakan oleh kepolisian untuk mengenali wajah pelaku tindak kejahatan.
  5. Pengenalan Bahasa (Speech Recognition) - yaitu sistem cerdas yang bisa mendengar dan memahami bahasa baik kalimat dan arti dari kalimat tersebut dan dapat mengenali suara banyak orang.  
  6. Pengenalan Tulisan Tangan (Handwriting Recognition) - Aplikasi yang mampu membaca teks yang ditulis secara manual menggunakan tangan manusia dan dapat mengenali bentuk huruf dan dapat diubah ke format digital.
  7. Robot Cerdas - Sekarang banyak robot dapat melakukan tugas yang diberikan oleh manusia bahkan sekarang banyak dibuat robot yang dapat berprilaku seperti manusia, robot dibekali sensor untuk mendeteksi data fisik dari dunia nyata seperti cahaya, panas, suhu, gerakan, suara, benjolan, dan tekanan, memiliki prosesor yang efisien, dan memori besar. Robot juga dirancang agar dapat belajar dan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Contoh seperti robot humanoid karya David Franklin Hanson Jr. seorang ahli robot sekaligus pengusaha asal Dallas, Amerika Serikat yang diberi nama Shopia. Shopia memiliki gerak gerik, kecerdasan dan kemampuan emosional, dapat bercanda layaknya seperti manusia, dia juga dapat menjawab pertanyaan yang diajukan. Contoh lain robot honda Asimo yang bisa mengenali orang, berbicara, berlari, main bola, dan menyiapkan minuman.

Referensi :
Sri Kusumadewi, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Graha Ilmu, 2003, Yogyakarta
https://evangelinosite.wordpress.com/2017/09/28/artificial-intelligence-definisi-sejarah-dan-contoh-kecerdasan-buatan/
https://www.tutorialspoint.com/artificial_intelligence/artificial_intelligence_overview.htm
https://tekno.kompas.com/read/2017/10/16/19300027/david-hanson-sang-jenius-pencipta-robot-manusia
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan

1 | NEXT >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer :

Artikel Terkait :

Cara membuat Outline & Daftar Isi Laporan Tugas Akhir dengan Multilevel List & Heading di Ms Word

Cara membuat Outline & Daftar Isi Laporan Tugas Akhir dengan Multilevel List & Heading di Ms Word Pilih resolusi HD agar video terli...